Bagaimana Memulai Bisnis Rumah Perencana Pesta


Pesta perencanaan mungkin terdengar menyenangkan, tetapi dibutuhkan lebih dari sekadar memesan katering dan DJ untuk mencari nafkah. Ini juga membutuhkan diplomasi, keahlian menjual, multitasking, dan di atas segalanya, keinginan untuk membantu orang lain menikmati diri mereka sendiri. Keterlibatan perencana pesta dapat berkisar dari pernikahan dan peluncuran produk hingga seminar perusahaan dan makan malam penghargaan. Tugas dapat mencakup menyewa aula, mengirimkan undangan terukir, membuat tema, memesan hiburan, memutuskan makanan, dan mempekerjakan pelayan.

Tidak ada pendidikan atau pelatihan khusus yang diperlukan untuk menjadi perencana pesta atau acara, tetapi pengalaman dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan. Selanjutnya, memiliki jaringan profesional dari katering hingga entertainer akan menjadi penting dalam memiliki sumber daya untuk memasok apa yang diinginkan klien untuk pesta atau acara mereka.

kelebihan

Memulai bisnis perencanaan perpisahan menawarkan banyak keuntungan termasuk:

  • Dapat dimulai dengan sedikit investasi
  • Tidak diperlukan pelatihan formal
  • Anda bisa memulai dari awal atau berinvestasi dalam peluang bisnis event franchise
  • Bisa dijalankan dari rumah
  • Ideal untuk orang-orang yang ramah dan senang bekerja dengan orang lain
  • Melakukan bisnis dengan orang-orang dan bisnis di luar untuk bersenang-senang
  • Variasi pekerjaan
  • Potensi klien baru di setiap acara
  • Penghasilan enam digit dengan klien yang tepat

Kontra

Tidak semua balon pesta dan konfeti dalam bisnis perencanaan. Beberapa hal negatif tentang bisnis ini antara lain:

  • Jam kerja yang panjang atau ganjil. Perencana pesta harus siap sedia selama acara, yang sering berlangsung malam hari atau akhir pekan. Beberapa mungkin acara multi-hari.
  • Setiap acara bisa membuat stres karena Anda hanya sebagus dan sepopuler pesta terakhir Anda.
  • Mungkin sulit untuk mendapatkan klien pertama Anda.
  • Klien bisa menjadi sulit dan tidak masuk akal dalam harapan mereka.
  • Ketergantungan pada subkontraktor.
  • Tekanan untuk tampil terbaik setiap kali melakukan bisnis.
  • Klien selalu didahulukan.
 

Apa yang Anda Butuhkan untuk Memulai

Meskipun tidak ada pendidikan atau pengalaman khusus yang Anda perlukan untuk memulai sebagai perencana pesta, ada beberapa keterampilan dan tugas yang harus dilakukan, seperti:

    • Jika Anda belum pernah merencanakan pesta atau mengadakan acara, jadilah sukarelawan untuk melakukannya untuk memastikan Anda memiliki stamina dan minat dalam perencanaan acara sebagai bisnis.
    • Tulis rencana bisnis yang menguraikan layanan, harga, dan proyeksi keuangan Anda. Inilah saatnya untuk memutuskan apakah Anda akan fokus pada jenis acara tertentu, seperti pernikahan atau konferensi.
    • Meskipun tidak diwajibkan, Anda mungkin ingin mendapatkan sertifikasi Certified Meeting Planner  karena dapat meningkatkan daya jual Anda. Klien akan merasa lebih nyaman bekerja dengan seseorang yang mereka pikir telah diperiksa. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi.
    • Tentukan apa dan bagaimana Anda akan mengenakan biaya untuk layanan Anda. Ingatlah klien Anda dan acaranya. Pernikahan dan acara perusahaan besar memiliki harapan yang tinggi dan banyak pekerjaan, sedangkan pesta kantor biasanya kurang.
    • Buat kontrak Anda. Pertimbangkan untuk memiliki pengacara untuk membantu Anda memastikan bahwa Anda menanggung setiap kemungkinan konsekuensi hukum.
    • Dapatkan lisensi bisnis dan asuransi kewajiban yang diperlukan.
    • Buat rencana pemasaran dan materi promosi Anda, seperti kartu nama, brosur, dan situs web. Tentukan pasar ideal Anda dan bagaimana Anda akan menjangkaunya untuk mendapatkan klien. Pertimbangkan untuk menyertakan video pesta yang sukses, dengan izin klien Anda, tentu saja.
  • Kumpulkan gambar dan testimoni dari acara Anda untuk membuat portofolio kesuksesan Anda. Juga, kembangkan rencana untuk menghasilkan rujukan.
  • Kembangkan jaringan pemasok dan profesional andal yang diperlukan untuk membantu Anda menyelenggarakan acara Anda, seperti toko bunga, katering, fotografer, dan DJ.
  • Aktiflah di komunitas Anda, terutama dengan kamar dagang lokal Anda dan jaringan bisnis-ke-bisnis lainnya. Anda tidak hanya dapat menghasilkan bisnis dari acara ini, tetapi juga, menumbuhkan referensi.

Jika Anda kesulitan menjalankan bisnis Anda atau menginginkan lebih banyak pengalaman sebelum memulai sendiri, pertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan perencanaan acara.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi https://www.infosekilas.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Bawah Laut Karimun Jawa: Menyelam dalam Kecantikan Alam yang Luar Biasa

Pajak Properti Vs Pajak Real Estat

Strategi Pengendalian Rayap Kayu Basah (Wetwood Termites)